Jumat, 25 Maret 2011

Cara Service printer : Mencetak tapi kertas kosong tidak ada hasil.

Cara service printer : Mencetak tapi kertas kosong tidak ada hasil.
Kali ini saya akan sharing satu hal lagi yaitu bagaimana mengatasi permasalahan pada saat mencetak dengan printer laserjet, printer ready ketika disuruh mencetak bisa jalan tapi kertas hasil cetak kosong tidak ada hasil.

Diagnosa pertama : Toner cartridge kosong. Isi habis.
Memang kalau toner cartridge kosong sama sekali ya printer jalan tapi hasil tidak ada. Akan tetapi kemungkinan ini jarang terjadi, biasanya katrid dinyatakan habis dlam keadaan belum benar-benar kosong jadi kalau dipakai mencetak tetap bisa hanya hasilnya tipis atau putih di tengah. Coba diganti toner cartridge, barangkali bisa. Kalau tetap tidak bisa, berarti ada masalah lainnya.

Diagnosa kedua : Toner cartridge tidak terkoneksi dengan baik dengan printer.
Toner cartridge mempunyai terminal-terminal kontak listrik yang berguna untuk menerima aliran dan tegangan listrik dari printer. Kontak-kontak listrik ini mesti terhubung dengan baik dengan printer, kalau tidak, akan sangat mempengaruhi hasil cetaknya. Setidaknya ada tiga terminal kontak disana, dua diantaranya kalau tidak terhubung dengan baik berpengaruh hasil tidak jelas atau tidak muncul sama sekali. Sedang yang satunya lagi kalau tidak terhubung dengan baik hasil akan hitam merata atau setidaknya ngraster merata di seluruh kertas, sehingga kertas jadi kotor.
Solusinya toner cartridge dilepas, di cek barang kali ada kertas atau stiker yang nempel di terminal listrik tersebut. Posisi terminal listrik ada di ujung toner cartridge. Warnanya putih metalik seperti di krom. Bersihkan itu dan bersihkan juga kontaktkor yang ada di dalam printer yang posisinya nempel pada kontaktor di toner cartrige tersebut. Bersihkan juga lalu pasang kembali.

Diagnosa ke tiga : Toner error, tidak kontak di dalam toner cartridge.
Kemungkinan ini bisa juga terjadi, cara mneelitinya dengan ganti toner yang baik, kalu jadi baik, berarti toner cartridge yang tadi perlu diperbaiki. Kemungkinannya magnet atau drum tidak terkoneksi dengan printer. Kawat konektornya putus atau melengkung sehingga tidak ada kontak. Kirim aja ke tonerbagus.

Diagnosa ke empat : Printer error.
Kalau diganti toner baik tetap juga hasilnya tidak keluar gambar, berarti masalahnya di dalam printer. Bisa jadi disebabkan power supply yang tidak menghasilkan tegangan listrik untuk keperluan ini dengan benar. bisa jadi power supply sudah baik tapi ada putus arus listrik di tengah jalan. Printer harus dibuka dan dicek bagian mana yang error atau yang putus.

Semoga artikel ini bermanfaat

Artikel memperbaiki printer lainnya:
memperbaiki printer : Cetak printer laserjet bercak hitam, ada titik hitam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar