Selasa, 22 Maret 2011

Problem printer laserjet, Hasil cetak tidak pekat

Problem printer laserjet, Hasil cetak tidak pekat.  Insya Allah ada pencerahan.
Pada kesempatan ini saya akan sharing mengenai bagaimana caranya memperbaiki printer laserjet yang hasil cetaknya tidak pekat. Biasa saya menyebut pekerjaan ini dengan tune up printer yaitu mengkondisikan kembali printer agar fit dan sehat, membuang penyakit-penyakit ringan yang nempel.
Hasil cetak tidak pekat, maksudnya blok tidak pekat banyak sebabnya, bisa jadi toner cartridge tidak bagus, atau printernya yang ada masalah. Pada kesempatan ini saya hanya akan sharing untuk memperbaiki printer yang hasilnya tidak pekat yang masalahnya berasal dari printer bukan dari cartridge.
Biasanya penyebabnya adalah ada jalur aliran arus listrik di dalam printer yang tidak terhubung dengan baik. Ini menyebabkan suplai tegangan listrik untuk magnet roll atau untuk drum tidak optimal sehingga hasil kurang pekat. Solusinya bongkar printernya, bersihkan dari debu dengan disemprot pakai kompressor. Perhatikan bagian kontak-kontak listrik dibawah katrid kalu berkarat, digosok pakai pisau atau ambril biar kontaknya bagus lagi.
Penyebab lainnya adalah ada kotoran di unit optik pada bagian scanner. Optik perlu dibersihkan dengan larutan khusus.  Jangan dibersihkan langsung pakai kapas, nanti malah tergores, jadi perlu pakai larutan khusus. Untuk larutan ini silakan kontak langsung ke saya.

Artikel terkait mmemperbaiki printer
Cara memperbaiki printer laserjet. Hasil cetak tidak tajam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar