Senin, 30 April 2012

Hasil Cetak printer laser tipis sebelah

Ada pengunjung yang mencari informasi tentang hasil cetak printer laser tipis sebelah, berikut silakan ikuti pembahasannya. Tapi sebelumnya apabila Anda memerlukan informasi tentang printer laser atau pengalaman silakan di share disini dengan cara memberikan komentar di posting yang terkait yang Anda kunjungi. Sangat diharapkan anda kirimkan juga hasil cetaknya yang kurang bagus itu, discan lalu dikirim via email ke diditsofyan@gmail.com. Insya Allah bila memang memungkinkan akan kami jawab langsung di komentar atau bahkan bisa kami jadikan sebuah artikel baru.

Langsung saja ke topik permasalahannya, hasil cetak tipis sebelah. Hasil cetak sebelah kanan normal tetapi sebelah kiri tipis dan sebaliknya hasil cetak sebelah kiri tipis dan sebelah kanan normal. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya :
1. Optik pada unit laser kotor sebelah. Mungkin karena berdebu sehingga sinar laser tidak bisa lewat area ini dengan lancar, hasilnya tipis sebelah. Solusinya bersihkan optiknya, dengan cairan pembersih optik khusus. Cukup diolesikan saja jangan di gosok-gosok agar optik nya tidak tergores.
2. Busing kotor. Busing adalah semacam ring plastik yang terletak di ujung dan pangkal magnet. Busing kotor menyebabkan jarak antara magnet dan drum tambah lebar, lebih lebar dari yang seharusnya, sehingga menghambat proses pemindahan toner dari magnet ke drum. Akibatnya hasil tipis. Kalau busing di ujung yang kotor yang tipis adalah area cetak sebelah kiri, sebaliknya kalau busing di pangkal kotor maka yang tipis ada  di area sebelah kanan. Pada kasus ini biasanya tipisnya tidak merata secara horizontal tetapi bergelombang tebal tipis tebal lagi dan seterusnya.
3. Drum aus. Kadang ini bisa juga jadi sebab. Solusinya, ganti drum. Penyebab drum aus lebih cepat biasanya sampah penuh sehingga wiper blade menekan drum lebih keras, sehingga drum cepat aus. Silakan cek saat toner Anda buka apakah sampah penuh dan sampai bocor apa tidak?
4. Per kecil, ini  kemungkinan yang paling besar kalau Anda menggunakan toner HP 35a, 85A atu 36A. Maksud saya di ujung toner, dekat ujung drum ada per tarik kecil yang mesti harus terpasang dengan baik. Kalau tidak terpasang atau sudah kendor (kurang berfungsi) maka hasilnya akan tipis sebelah. Silakan cek, kalau perlu diganti saja dengan yang baru.

2 komentar:

  1. itu maksdny per kecil yg d pcr bukan gan,, thanks sblumny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ada kesalahan padaku. Per tarik kecil itu ada di toner 12a bukan 85a. Fungsinya untuk menekan magnet agar melekat ke drum. Kalau di 85a pernya per tekan.
      Posisi per ini jika tidak tepat dapat menyebabkan tipis sebelah.

      Hapus