Selasa, 10 Mei 2011

Printer ideal, cetak bagus, bandel, harga murah

Pada kesempatan ini saya akan sharing tentang printer ideal/bagus sejauh pengalaman saya. Printer ideal memang yang banyak dicari orang. Dikatakan ideal karena memiliki banyak kelebihan dibanding printer lainnya. Sebagai praktisi refill toner saya banyak ketemu dengan berbagai macam tipe printer laserjet. Tapi sebenarnya sulit untuk mencari printer yang benar-benar ideal. Biasanya printer bagus di satu sisi dan kurang bagus di sisi yang lainnya. Jadi dikatakan ideal karena banyak sisi bagusnya daripada kurangnya.
Tapi baiklah kita akan mencermati pada beberapa kriteria penilaian saja. Semoga yang sedikit dan agak kurang akurat ini bisa membantu. Penilaian ini adalah penilaian subyektif saya pribadi

Kriteria pertama : Kualitas cetak
Karena tujuan menggunakan printer adalah untuk mendapatkan hasil cetakan maka kualitas cetak menjadi hal yang penting dalam menilai sebuah printer.
Secara umum printer laserjet merk HP dan Canon hasil cetaknya bagus, boleh dikatakan terbagus. Hasil cetaknya bisa hitam solid, raster halus. Terbukti merk HP yang paling populer dipakai di kalangan percetakan yang sangat memperhitungkan kualitas cetak. Saya kurang tahu mengapa Canon kurang populer di kalangan percetakan padahal menurut saya kualitasnya tidak kalah dengan HP.
Untuk merk lain seperti Fuji Xerox, Samsung, Lexmark, Panasonic hasil cetaknya masih dibawahnya.



Kriteria ke dua : Tahan lama, tidak mudah rusak.
Sulit bagi saya untuk menilainya secara akurat. Sering saya menemukan printer yang saya perbaiki dari merk HP, tapi bukan berarti bahwa merk HP mudah rusak. Banyak yang rusak dan diservis karena paling banyak jumlahnya. Mestinya kalau mau diteliti harus dicari prosentase printer rusaknya dibandingkan dengan jumlah komunitas printer seluruhnya. Secara subyektif printer HP dan Canon cukup tahan lama. Penilaian ini saya ditinjau bukan dari statistik tapi dari teknologinya, memang didesain tidak mudah rusak, kalaupun rusak ada suku cadangnya dan terjangkau harganya.
Kriteria ke tiga : harga.
Paling mahal merk HP, kemudian Canon, kemudian Panasonik, kemudian merk lain cenderung murah. Ada pepatah jawa "ana rega ana rupa" ada harga ada kualitas.

Kriteria ke empat :kualitas isi ulang toner nya
Saya meninjau kriteria kualitas refill toner dan toner remanufacture nya, karena kebanyakan kita menggunakan toner isi ulang untuk menghemat biaya cetak. Bahkan sering didapati seorang pemilik printer tidak pernah membeli toner baru, hanya di refill kan terus. Kualitas refill terbaik tetap pada merk HP dan Canon, Samsung menyusul, dulu kualitasnya jelek disebabkan desain doctor blade kaku sehingga mudah kotor dan wiper blade terlalu tipis sehingga cepat rusak. Tapi sekarang untuk tipe baru seperti Canon 1610 dan yang lebih baru sudah menggunakan wiper blade yang seperti miliknya printer-printer HP (lebih kuat dan tahan lama. Serbuk toner untuk samsung juga telah tersedia yang bagus, hasilnya pekat seperti toner untuk printer HP. Intinya untuk merk Samsung hasilnya lumayan, tapi masih dibawah HP dan Canon.

Setelah berbagai pertimbangan diatas, pilihan tinggal menyesuaikan dengan keuangannya dan penggunaannya. Untuk kebutuhan percetakan dan desain grafis rekomendasi saya tetap pada merk HP dan Canon. Kalau kebutuhannya untuk administrasi, perkantoran dan dokumen yang cukup dengan kualitas sedang maka bisa menggunakan merk Samsung (atau Fuji Xerox? kurang tahu saya). Harganya lumayan murah hanya separohnya printer HP dan Canon.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat.

Pengunjung menemukan artikel ini dengan kata kunci
printer canon, printer ideal, printer bandel, cetak bagus, printer handal, printer samsung, printer fuji xerox

Tidak ada komentar:

Posting Komentar