Minggu, 08 Mei 2011

Paper jams/ kertas terjepit, penanganannya

Permasalahan yang sering kita jumpai pada printer apa saja yaitu paper jams/kertas terjepit. Sebenarnya ini problem printer biasa yang sering dijumpai dan setahu saya problem ini tidak dapat dihindari 100  %. Artinya hampir setiap printer entah lama atau cepat pasti pernah mengalami kertas terjepit.

Masalah ini menjadi penting untuk kita pelajari penanganannya karena sering dihadapi, dan khusunya kalau terjadi pada printer laserjet kalau tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kesahan yang lebih parah dan kerugian yang lebih besar. Ini bisa terjadi karena di dalam printer laser terdapat peralatan sejumlah peralatan yang mudah rusak bila terkena sogokan benda tajam. Yang sering terjadi, ketika terjadi paper jam dan kertas terjepit, kadang sulit dikeluarkan/ ditarik begitu saja, kemidian langkah yang sering diambil adalah di kait-kait dengan obeng kecil atau pinset. Langkah seperti ini bisa mengenai film sleeve (film teflon heating) dan merobekkannya. Kalau ini terjadi, untuk menggantinya butuh biaya ratusan ribu rupiah.

Cara mengatasi masalah paper jam dapat dilakukan dengan langkah-langkah sbb :
1. Bukalah tutup printer dan keluarkan toner cartridnya.
2. Lihat dan cari dimana posisi kertas yang nyangkut di dalam printer
Kalau kertas nyangkut di bagian penarik kertas masuk, biasanya relatif mudah solusinya, langsung  saja ditarik ke arah gerak maju kertas. Jangan ditarik ke belakang. 
Kalau kertas nyangkut di area setelah melewati toner katrid dan nyangkut di bagian pemanas, maka cari dulu biasanya ada pengait yang berfungsi untuk mengendorkan jepitan pemanas printer, biasanya di sebelah kanan dan atau kiri bagian pemanas kadang didepan (printer hp 5l/6l) dan kadang dibelakang (printer hp 6p/4l, hp 5000 series). Kadang ini otomasi terbuka kalau pintu printer dibuka (ikut pintu) (HP 1000 series). Setelah ketemu dan jepitan pemanas berhasil di kendorkan maka kertas yang terjepit akan lebih mudah dikeluarkan.
3. Cara mengeluarkan kertas dengan menariknya ke arah jalannya kertas. Jangan dibalik. Jangan buru-buru menariknya supaya kertas tidak robek dan usahakan tarikan seimbang antara kanan dengan kiri. Kalau kertas robek dan terjepit sehingga susah ditarik, boleh juga kertas di raih dengan menggunakan pinset/penjepit kecil atau obeng negatif (minus), tapi harus hati-hati jangan sampai mengenai bagian film heating. Harus yakin yang ditarik itu kertas bukan film heating nya. Kalau tetap tidak bisa juga maka printer harus dibuka, ada baiknya kalau sudah macam ini problemnya, serahkan aja pada teknisi yang berpengalaman. lebih baik bayar teknisi 50 ribu rupiah dari pada teflon robek 400 ribu rupiah.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar