Jumat, 20 April 2012

Hasil cetak printer laser tidak tajam

Langsung saja kini akua akan sharing mengenai apa saja sebab terjadinya hasil cetak printer laser tidak tajam.

Pertama.
Kadang yang dimaksud tidak tajam itu tidak hitam, hasilnya hanya kecoklatan, walau sudah pakai cetak blok 100%. Pada kasus ini sebenarnya hasilnya cukup tajam, tetapi karena kurang hitam jadi terkesan tidak tajam. Ciri problem tipe ini hasil cetak garis tipis (hair line) nampak terlihat, blog tidak hitam.
Ada beberapa sebab mengapa problem ini terjadi, diantaranya part mendekati aus karena sudah terlalu lama. Ini kadang juga terjadi pada toner original pada printer tipe lama, toner katrid tersimpan lama di toko, baru dibeli dan dipakai, kadang sudah bocor atau tidak hitam lagi hasilnya. Solusinya dicari part yang telah aus dan diganti part yang baru. Kadang serbuk tonernya juga perlu diganti yang baru. Part yang biasa menyebabkan kurang hitam yaitu drum, magnet roll dan doctor blade.

Kedua.
Memang benar tidak tajam hasilnya, garis tipis tidak muncul/kelihatan, cetak raster (blok tipis) juga tidak nampak, tetapi blok hitam tetap nampak hitam dan solid. Anda bisa mengeceknya dengan mencetak text dengan ukuran kecil, cetak raster tipis dan cetak blok 100%. Kalau text kecil dan raster tipis tidak muncul tapi blok bagus, maka problemnya positif tipe ini.
Penyebab problem ini adalah optik pada ujung laser diode kotor oleh debu. Solusinya bersihkan memakai cairan khusus yang bersifat lunak, tidak merusak optik, tidak keras dan mudah menguap. Kami menyediakan produk pembersih ini. Untuk pemesanan silakan hubungi kami => Beranda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar