Selasa, 15 Mei 2012

Cara mengecek kualitas printer laser bekas bagus atau buruk

Berikut aku mau sharing bagaimana caranya meneliti dan mengecek kualitas printer laser bekas. Langkah seperti ini penting agar saat kita membeli printer laser tidak salah pilih. Posting ini kami tujukan terutama untuk printer laser karena kami banyak pengalaman di bidang printer laser.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli printer laser second hand antara lain : Pertama, cari tahu dulu tipe printer yang akan anda beli ini memang dikenal printer yang baik. Menanyakannya jangan pada penjualnya tapi cari tahu dari pemakai yang berpengalaman. Carilah printer yang hasil cetaknya bagus, jarang rusak dan biaya operasional rendah. Kalau anda akan menggunakan toner refillan, perlu cari tahu juga apakah jenis printer yang akan anda beli ini hasil refillannya bagus. Banyak printer bagus yang hasil refillannya kurang bagus dan biayanya mahal.

Kalau sudah ketemu tipe yang bagus, berikutnya anda perlu meneliti apakah printer yang akan Anda beli kondisinya masih bagus apa tidak. Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk mengecek kondisi printer :
1. Lihat kenampakan printer, nampak bersih dan utuh, tidak ada bagian yang patah. Printer yang sudah ada bagian patahnya biasanya printer lama yang kondisi fisiknya memang sudah menurun.
2. Tanyakan atau perkirakan umurnya, printer laser bisa berfungsi baik kira-kira 5 - 8 tahunan.
3. Cari tahu apakah tipe printernya masih relatif baru atau keluaran lama. Pilih yang model belum terlalu lama, kecuali kalau yang lama itu memang rekomended sekali dan kondisi masih bagus, seperti tipe HP 1010 atau 1020, memang banyak dicari orang.
4. Cobalah untuk mencetak naskah dari komputer, kalu bisa itu menandakan printer masih berfungsi normal. Jangan hanya dicoba pakai test print tanpa komputer. Printer yang rusak bagian formatter nya kadang bisa di test print dengan hasil bagus tapi tidak bisa mencetak dari komputer.
5. Cobalah untuk mencetak raster tipis lebar sepanjang lebar kertas turun sampai setengah halaman. Perhatikan apakah hasil cetaknya rata dan halus? Apakah raster tipis atau garis tipis bisa dicetak dengan printer ini? Kalau ok, satu point lagi didapat.
6. Cobalah untuk mencetak blok hitam melebar dari kanan ke kiri kertas setebal 15 cm ke bawah. Test ini berguna untuk mengecek apakah film sleeve pemanas masih bagus atau ada yang robek/tidak rata. Setelah dicetak hasil cetak yang hitam diraba pakai tangan atau kapas kering.  Jika film sleeve teflon nya robek atau berlubang maka hasil cetak hitam akan mengelupas pada bagian yang berlubang tadi. Untuk mengganti teflon film sleeve ini perlu biaya 175 ribu sampai 700 ribuan tergantung tipe printernya. Pilih yang utuh teflon pemanasnya.
7. Berikutnya perhatikan suara saat pencetakan apakah ada suara aneh? Printer laser bersuara halus.
8. Terakhir anda pertimbangkan harganya, apakah pantas?

Terseah Anda .......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar