Selasa, 29 Mei 2012

Hasil print Samsung ml 1640 kurang hitam

Ada yang mencari info tentang hasil print ml 1640 kurang hitam, berikut ini insya Allah akan kami paparkan permasalahannya yang biasa kami temukan dan pemecahannya.
Sebab yang paling memungkinkan menurut kami ada pada kondisi doctor blade yang kurang bersih. Karena fungsi doctor blade adalah meratakan toner sehingga toner yang keluar di permukaan magnet menjadi rata. Kalau doctor bladenya kurang bersih menyebabkan toner yang keluar tipis dan tidak rata, sehingga hasil cetaknya juga menjadi tipis dan tidak rata. Seakan-akan ada garis-garis pudar secara vertikal.
Doctor blade beberapa tipe printer samsung laserjet ini berbuat dari logam stainless steel tanpa menggunakan karet sebagaimana biasanya ada pada printer hp laserjet. Biasanya ada gumpalan-gumpalan toner tipis menempel di sepanjang bagian doctor blade yang berdekatan dengan magnet. Gumpalan toner yang menempel inilah yang menghalangi toner keluar dengan teratur dan rata.
Solusi untuk masalah ini mudah saja, bongkar katridnya, lepas doctor bladenya, dan bersihkan bagian pinggirnya dengan menggunakan ambril (kertas gosok) yang halus. Setelah bersih silahkan pasang kembali dan rakit kembali toner katridnya. Coba cetak ke printer insya Allah hasilnya lebih pekat dan rata.
Akan tetapi masalahnya belum berhenti sampai disini. Setelah pemakaian beberapa puluh lembar atau ratusan lembar, masalah kotor ini akan mucul lagi dan doctor blade kotor lagi oleh gumpalan toner. Sehingga perlu pembersihan lagi. Ini menjadi masalah karena biasanya toner belum sampai habis padahal masalah sudah muncul lagi. Ini berbeda untuk printer HP laserjet hasil refill relatif bisa bertahan lama dengan hasil cetak bagus hingga toner habis.
Ini yang aku belum tahu, bagaimana cara mempertahankan kebersihan doctor blade toner printer samsung ini. Ada yang tahu? Punya usulan untuk pemecahannya? Ayo diskusi, silahkan berikan komentar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar